Buah atau Daun Kopi

Buah atau Daun Kopi
oleh All Amin
Cerita tentang kopi memang tak ada habisnya, selalu menarik untuk dibahas, apalagi sambil menikmati secangkir kopi nikmat.
Suatu sore di sebuah kedai kopi, saya diskusi tetang kopi dengan seorang kawan. Kawan ini pengetahuannya tentang kopi sudah khatam. Dia bisa ceritakan dengan gamblang mulai dari varietas apa yang cocok ditanam diketinggian berapa, bahkan sampai pengaruh merek air mineral pada citarasa kopi. Terkadang cukup membuat orang melongo, apalagi ditambah dengan gaya bicaranya yang berapi-api. Pokoknya kalau sudah ngobrol dengan kawan yang satu ini, saya selalu menerapkan hukum Pareto 80:20. Dua puluh persen diskusi pakai mulut, sisanya hanya menggunakan telinga.
Rupanya cerita tentang kegiatan yang sedang saya lakukan, yaitu 'Gerakan Ayo Minum Teh dari Daun Kopi' sampai juga ke telinga kawan ini. Seperti yang saya perkirakan, mulailah saya menerima wejangan. "Apa yang brother kerjakan itu, sungguhlah berat. Minum daun kopi itu tidak populer brother, siapa yang akan mau minum daun kopi? Kan sudah ada pembagiannya, kalau kopi yang diambil buahnya, yang diminum daunnya itu namanya teh..." katanya membuka 'seminar' empat mata.
Sebagai seorang yang senang sekali kalau dipanggil pakar kopi, beragam argumentasi logis meluncur gamblang dari sohib saya ini "Kalau buah kopi itukan sudah jelas brother, minuman populer, rasanya banyak yang suka, manfaatnya ada dan pasarnya juga sangat besar. Buat apa brother buang-buang waktu melakukan sesuatu yang tidak jelas begitu". "Sorry ya, ini saran saya saja lho" katanya sesekali menghibur.
Jatah ngomong yang hanya sedikit, saya manfaatkan untuk bertanya. "Bagaimana sejarah awalnya kopi ini jadi minuman kawan?"
"Dari Ethiopia brother, dulu ada penggembala kambing namanya Kaldi..." si sohib lansung menimpali. "Suatu hari si Kaldi ini heran memperhatikan kambing gembalaanya selalu kelihatan agresif setelah memakan suatu jenis tanaman. Bahkan ada seekor kambing yang awalnya kelihatan sakit, setelah memakan tanaman itu kelihatan segar kembali. Lalu tanaman itu dibawa pulang oleh Kaldi, dan tanaman itulah sekarang yang kita kenal dengan kopi" ceritanya mantap.
Saya menyahut, "Besok saya mau coba kontak kawan di Afrika, mau tanya di Ethiopia itu kambing makannya buah atau daun kopi. Karena dikampung saya kambing itu biasanya makan daun, yang makan buah kopi itu musang namanya".

SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.